Manfaat Kolagen

Banyak hadir produk perawatan wajah yang sering mengklaim mampu memperlambat proses penuaan dengan mendorong sel-sel untuk bisa memproduksi lebih banyak kolagen. Memangnya apa sih manfaat kolagen untuk kulit dan tubuh?

Perlu kita ketahui bahwa senyawa kolagen merupakan salah satu jenis protein yang paling banyak jumlahnya di dalam tubuh kita. Terdapat sekitar 25-30 persen dari semua protein di tubuh terbuat dari kolagen, yang ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan dan tendon (otot). Kolagen juga memiliki peran yang sangat penting bagi kulit karena dengan adanya kolagen maka kulit dapat menjadi lentur.

collagen - gluta lapunzel

Kolagen menjadi komponen pembangun utama pada jaringan kulit, terdapat di salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur serta sering disamakan dengan fungsi kasur. Ketika masih baru, kasur masih dapat kencang dan elastis. Lama-kelamaan, kasur akan menjadi mulai kempes dan tipis.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Pertama, dengan bertambahnya usia tubuh kita, maka kolagen pada kulit pelan-pelan mulai memecah dan kaku. Saat kulit kita masih sehat, helaian-helaian kolagen meluncur dengan mudah satu sama lain sehingga kulit kembali normal setelah Anda melakukan peregangan wajah karena aktifitas tersenyum ataupun mengerutkan dahi. Namun, disaat jaringan kolagen mulai melebur, maka kulit akan kehilangan elastisitas dan tidak kembali ke bentuk semula.

Kita akan membutuhkan ketersediaan kolagen dalam jumlah yang cukup sepanjang hidup. Meskipun begitu, tidak mudah untuk memelihara dan mendapatkan bahan ini. Fakta yang ada, dari usia sekitar 25 tahun, tubuh anda akan mulai kehilangan jumlah kolagen sebanyak 1,5 persen tiap tahunnya. Dampaknya, kasur yang mulai kempes tadi tidak akan mampu lagi memberikan dukungan yang baik untuk lapisan kulit teratas anda. Saat itulah kulit anda mulai mengalami proses munculnya keriput. Ketika keriput mulai terjadi, itu berarti kolagen tidak berfungsi seperti biasanya lagi.

Untuk memaksimalkan fungsi dari kolagen, jagalah persediaan kolagen di dalam tubuh anda dengan rajin mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Suplemen ini bermanfaat dalam mengisi kembali persediaan kolagen untuk tubuh. Rutin konsumsi suplemen kolagen secara rutin dapat mengembalikan kelenturan kembali kulit, menjaganya tetap sehat, dan membantu mengurangi garis-garis keriput di wajah, serta dapat menguatkan kuku dan memperbaiki kondisi rambut.

Suplemen ini paling baik jika dikonsumsi sebelum aktivitas berolahraga atau kegiatan aktivitas fisik lain. Saat itulah fungsi kolagen bisa menjadi maksimal karena meningkatkan energi serta performa tubuh Anda. Suplemen ini juga dapat menjaga dan mengisi kembali massa otot untuk meningkatkan metabolisme pembakaran lemak tubuh sehingga cukup berperan dalam mengendalikan berat badan yang berlebihan.

Vitamin C dapat membantu pembentukan jaringan kolagen. Meskipun buah tidak mengandung kolagen, buah-buahan yang memasok protein atau memberikan vitamin C ini akan memberikan bantuan tubuh dalam membangun struktural protein kolagen ini.

collagen source - gluta lapunzel

Berikut ini daftar berbagai jenis buah yang menjadi sumber kolagen dan wajib untuk dikonsumsi :

  1. Pear

Tekstur buah ini hampir mirip dengan tekstur buah apel, kaya akan air dan banyak mengandung kebutuhan nutrisi yang kita perlukan sehari-hari. Sekitar 7 persen dari kebutuhan vitamin C dipenuhi oleh 100 gram buah pear, yang bermanfaat sebagai pembentuk kolagen. Pear juga dapat menjadi sumber serat, mineral dan berbagai jenis vitamin yang jumlahnya cukup tinggi.

  1. Apel

Apel merupakan makanan cocok sekali untuk diet dan termasuk yang banyak dikonsumsi. Di dalam berat 125 gram apel mengandung sekitar 5,7 miligram vitamin C atau dapat memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan total vitamin C dalam tubuh kita setiap harinya termasuk sebagai zat penyusun kolagen. Apel juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh kita dari berbagai zat radikal bebas.

  1. Buah peach

Buah peach di negara kita lebih dikenal dengan nama buah persik, yang aslinya berasal dari Cina. Vitamin C sebagai antioksidan dan kolagen alami juga terdapat pada buah persik, yaitu 11 persen dari kebutuhan vitamin C yang disarankan bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Manggis

Buah manggis sangat khas dengan daging buah yang berwarna putih, memiliki rasa manis yang khas sehingga buah manggis banyak disukai. Apalagi di Indonesia, kita dapat dengan mudah menjumpai buah manggis. Pada 100 gram manggis, terdapat sebanyak 7,2 mg Vitamin C yang berguna sebagai kolagen alami untuk tubuh. Manggis juga kaya akan nutrisi Vitamin B complex seperti folat, thiamin dan niacin.

  1. Pisang

Buah Pisang terkenala sebagai buah yang memiliki rasa nikmat dan biasa digunakan sebagai sajian penutup. Pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram pisang terdapat juga bisa menjadi sumber vitamin B6 dan potassium yang sangat baik.

  1. Buah plum

Buah plum banyak dibudidaya di negara Eropa, Amerika Serikat, Cina maupun Jepang. Di Indonesia, kita dapat menemukan buah plum ini pada rak-rak buah di supermarket. Buah plum terkenal sebagai makanan rendah kalori, namun tinggi kolagen karena kaya akan nutrisi vitaminnya.

  1. Blueberry

Buah Blueberry, meskipun ukuran buahnya kecil tetapi mengandung zat pigmen pro anthocyanin yang sangat tinggi dan bermanfaat sebagai sumber antioksidan bagi tubuh seperti menangkal bahaya radikal bebas. Di dalam 100 gram, terdapat sekitar 9,7 miligram vitamin C atau setara dengan 16 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh harian.

  1. Buah aprikot

Wanginya yang harum, rasanya juga manis, membuat buah aprikot memang sangat disukai setiap orang. Saat telah matang, rasa buahnya yang mengandung kolagen ini mirip sekali dengan rasa buah plum yang matang juga. Tidak kalah dengan nutrisi dari buah plum, buah aprikot juga memiliki banyak nutrisi penting. Di antaranya, memiliki sekitar 16% vitamin C dari total kebutuhan vitamin C harian yang disarankan untuk kebutuhan kolagen tubuh.

gluta lapunzel