Manfaat Glutathione

Glutathione adalah protein yang ditemukan di dalam setiap sel tubuh manusia , dengan konsentrasi tertinggi ditemukan dalam hati . Sebagai tripeptide sulfat terdiri dari tiga asam amino berikut Asam glutamat , L – sistein dan L – glisin . Glutathione pertama kali ditemukan pada tahun 1888 , tapi tidak sampai 1984 bahwa metabolisme dalam tubuh mulai diselidiki secara menyeluruh.

Glutathione bertindak sebagai antioksidan kuat dan racun yang melindungi sel dari radikal bebas dan stres oksidatif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Tingkat glutathione dalam sel-sel tubuh manusia mulai menurun setelah usia dua puluh . Suplementasi tambahan L – Cysteine memungkinkan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak Glutathione .

Hal ini pada gilirannya memungkinkan tubuh untuk menggunakan kembali dioksidasi vitamin E dan vitamin C bila dikombinasikan dengan peroksidase enzim glutation

glutathione-foods

Glutathione disebut juga Master Antioksidan karena dapat mengikat radikal bebas yang berasal dari polusi udara, rokok, pestisida dan lain-lain. Glutathione  juga dapat mempertahankan antioksidan lainnya didalam tubuh seperti vitamin C dan E dalam bentuk aktif, sehingga dapat bekerja dengan optimal. Sifat Glutathione  dapat menetralkan radikal bebas serta mencegah pembentukan mereka. Efek radikal bebas merusak dinding sel tubuh yang menyebabkan timbulnya penyakit, seperti kanker dan berbagai penyakit degeneratif lain.

Glutathione adalah antioksidan yang digunakan untuk mencerahkan atau memutihkan kulit, biasanya tersedia dalam bentuk sabun, krim, lotion dan pil (supplement). Glutathione secara ilmiah terbukti dapat mencegah produksi melanin yang dapat menyebabkan kulit lebih gelap. Penelitian menunjukkan bahwa glutathione yang berbentuk sabun atau krim lebih efektif dibandingkan yang berbentuk pil, karena glutathione yang berbentuk pil tidak dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Oleh karena itu, penggunaan glutathione dengan tujuan untuk mencerahkan kulit sebaiknya menggunakan sabun atau krim yang diterapkan secara langsung pada kulit.

Menggunakan glutathione dalam bentuk sabun atau krim, hasilnya tidak akan segera terlihat. Biasanya memakan waktu beberapa minggu atau bulan sehingga dapat mencerahkan kulit. Karena glutathione sebagai antioksidan, tidak akan memberikan dampak secara drastis pada kulit. Meskipun demikian, produk ini sangat populer di seluruh dunia dan dapat dengan mudah ditemukan dipasaran bahkan banyak dijual di toko-toko online. Menggunakan glutathione sering dipandang sebagai cara alami untuk mencerahkan kulit karena antioksidan secara alami diproduksi dalam tubuh manusia.

Meskipun lebih mahal dibandingkan sabun glutathione, menggunakan krim atau gel glutathione juga menjadi pilihan yang cukup populer dan dinilai lebih efektif untuk mencerahkan kulit. Krim atau gel biasanya tidak digunakan pada seluruh bagian tubuh tidak seperti sabun. Oleh karena itu, glutathione yang berbentuk krim atau gel  sering digunakan hanya untuk mengobati di beberapa area kulit tertentu, seperti bekas luka dan bintik hitam. Bekas luka dan bekas jerawat bagi sebagian orang juga menjadi berkurang dan kulit terlihat lebih cerah setelah menggunakan glutathione. Juga dapat memudarkan bintik hitam akibat penuaan dan sinar matahari. Biasanya penggunaannya pada malam hari sebelum tidur. Meskipun tidak memberikan hasil secara drastis, namun jika digunakan secara teratur dan dalam waktu jangka panjang glutathione akan memberikan hasil yang signifikan.

benefits-of-glutathione