Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Anda pasti mengenal Buah Delima yang bentuknya sangat menarik dengan isi berupa biji-biji merah yang sangat enak dipandang mata. Buah Delima pada umumnya ditemukan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis.  Walaupun buah ini termasuk langka, namun masih mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

delima 01

Buah delima di beberapa negara terkenal sebagai buah yang memiliki nilai khasiat tinggi bagi kesehatan, sehingga termasuk buah yang ada dalam daftar makanan sehat setiap hari. Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang diyakini baik untuk perawatan kulit dan kesehatan secara alami.

Minum jus delima sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kulit kita karena  mengandung banyak antioksidan. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya , buah delima mengandung lebih banyak jumlah zat anti oksidan, sekitar 3 kali lebih banyak  daripada teh hijau dan jeruk.

Segelas jus delima dapat menyediakan kepada Anda jumlah dari 40 % dari kebutuhan harian asam folat dan vitamin A, C, dan E. Pastikan bahwa jus tersebut tanpa pemanis gula sehingga manfaat kesehatan dari buah ini tetap maksimal.

delima 03

Nilai gizi dari Delima :

Delima merupakan sumber asam ellagic, antioksidan, asam punicic, omega 5 dan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat untuk regenerasi sel dan proliferasi . Jus buah ini merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin A, C dan E dan mineral seperti kalsium , fosfor, kalium, zat besi, asam folat, niasin, thiamin, dan riboflavin folat.

delima 02

Manfaat Kesehatan dari Jus Delima :

Delima telah digunakan untuk tujuan pengobatan di daerah timur tengah selama ribuan tahun. Delim gunakan sebagai tonik untuk menyembuhkan penyakit seperti maag dan diare. Jus delima mengandung antioksidan seperti antosianin dan asam ellagic, senyawa asam gallic  dan flavonoid seperti quercetin yang menawarkan perlindungan dari diabetes, penyakit jantung, osteoarthritis dan beberapa jenis kanker.

  1. Jus Delima Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda :

Jus delima dapat memiliki dampak besar pada kesehatan, terutama pada kesehatan jantung, dengan menjaga arteri tetap fleksibel dan mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Hal ini diketahui mengurangi aterosklerosis, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Ini menurunkan risiko penyumbatan di arteri yang dapat menyebabkan pembatasan dalam aliran darah ke jantung dan otak. Dengan kata lain ia memiliki efek anti – aterogenik pada jantung. Ini menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat yang disimpan dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL.

  1. Delima Jus Menjaga Tingkat Gula Darah :

Meskipun jus delima mengandung fruktosa, hal ini tidak meningkatkan kadar gula darah seperti jus buah pada umumnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam tingkat gula darah pasien diabetes yang minum jus ini setiap hari selama 2 minggu.

  1. Jus Delima Menjaga Tekanan Darah Anda :

Delima juga dikenal untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Jus Delima mengurangi lesi dan peradangan pembuluh darah pada pasien jantung. Ini adalah aspirin alami, yang membuat darah terhindar dari pengentalkan dan membentuk gumpalan darah. Bahkan bertindak sebagai pengencer darah memungkinkan untuk darah mengalir lancar di dalam tubuh.

  1. Jus Delima Mengurangi Risiko Kanker :

Jus delima menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker serta penyakit lainnya. Mengandung jumlah tinggi dari antioksidan  yang merangsang sel darah putih untuk menetralkan racun dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Delima diyakini menginduksi apoptosis, suatu proses dimana sel-sel menghancurkan diri mereka sendiri. Asupan harian segelas jus delima dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Selain itu muncul untuk memblokir aromatase, enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen, hormon yang memainkan peran penting dalam perkembangan kanker payudara.

  1. Manfaat Jus Delima Selama Masa Kehamilan :

Jus delima sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Delima adalah sumber dari sejumlah vitamin dan mineral termasuk asam folat yang merupakan elemen penting dari diet sebelum melahirkan. Kandungan anti – peradangan dari jus delima memastikan aliran darah yang sehat, yang penting untuk perkembangan janin. Kandungan potasium dalam jus ini juga dapat membantu mencegah kram kaki yang umumnya terkait dengan kehamilan. Bila dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, diketahui dapat menurunkan risiko kelahiran anak prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan tidak memadai.

Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan Kulit :

Jus delima, dapat menjadi ramuan rahasia untuk mendapatkan kulit yang sehat, lentur dan awet muda.

  1. Jus Delima merupakan agen anti penuaan :

Diet tinggi jus buah delima dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan dengan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan konstan dari sinar matahari. Hal ini juga membantu untuk mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi hiper dan terjadinya bintik-bintik gelap.

  1. Jus Delima Cocok Untuk Semua Jenis Kulit :

Jus delima memberi keajaiban untuk kulit kering. Struktur molekul kecilnya menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu memperbaiki kulit kering dan teriritasi. Mengandung asam punicic, asam lemak omega-3 yang membuat kulit terus terhidrasi dengan mempertahankan kelembaban. Jus delima juga bermanfaat untuk kulit yang rentan berminyak dan berjerawat. Manfaat jus delima pada kulit berminyak adalah untuk mencegah pecahnya jerawat dan mengontrol produksi sebum.

  1. Jus Delima Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka :

Delima membantu dalam regenerasi sel di epidermis dan dermis lapisan kulit. Delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari paparan terbakar sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan kulit.

  1. Jus Delima Meningkatkan Tekstur Kulit Anda :

Delima juga dapat memperpanjang umur fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen dan elastin yang mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kolagen dan elastin memberikan kekuatan dan dukungan untuk kulit. Ketika serat kolagen dan elastin memecah, kulit menjadi lemah yang menyebabkan keriput dan kusam. Delima juga sangat berguna untuk meringankan warna kulit. Minum segelas jus delima setiap hari memberikan warna kulit yang ideal dan bercahaya.

  1. Delima untuk masker wajah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit :

Campurkan 1 sendok teh bubuk pepaya hijau, minyak biji anggur, dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan oleskan pada wajah. Biarkan selama sekitar satu jam dan cuci dengan air hangat .

Anda juga dapat menggunakan bola kapas untuk mengoleskan jus delima langsung pada wajah setelah dibersihkan.

  1. Jus Delima Mencegah Kanker Kulit :

Delima mengandung anthocyanin dan tanin terhidrolisa yang memiliki anti oksidan dan anti tumor. Bila diterapkan secara langsung pada kulit, asam ellagic dan antioksidan polifenol yang ditemukan dalam buah delima menghambat pertumbuhan kanker kulit .

  1. Jus Delima Mencegah Rambut Rontok :

Minum jus delima secara teratur memperkuat folikel rambut yang dapat mencegah rambut rontok, sehingga memberikan rambut penampilan yang sehat dan berkilau.

delima 04