Khasiat Jahe

Kemungkinan besar kita semua telah mengetahui khasiat jahe yang sudah umum dikenal masyarakat banyak, seperti kegunaannya untuk menghangatkan tubuh, sebagai bumbu masakan, dan lain-lain. Namun, sebenarnya semua itu hanyalah sebagian kecil dari banyaknya manfaat jahe yang telah terbukti berkat riset-riset yang telah dilakukan oleh para peneliti.

Selain itu, jahe juga memiliki banyak manfaat dalam dunia kesehatan, misalnya sebagai bahan dasar untuk obat, namun di sini hanya akan dibahas tentang khasiat jahe yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita.

Perlu Anda ketahui, jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale merupakan tanaman yang sangat umum dijumpai di kalangan masyarakat indonesia. Tanaman ini termasuk jenis tanaman rimpang (rhizoma), dimana rimpangnya berbentuk seperti jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe, kita akan merasakan sedikit rasa pedas di lidah kita, yang disebabkan oleh senyawa keton dalam jahe.

khasiat jahe - lapunzel slim

Selain itu, senyawa lain jahe yang juga memegang andil besar untuk kesehatan kita adalah senyawa phenol, yang memiliki efek antiradang terhadap tubuh, merilekskan otot, serta mengusir berbagai macam penyakit. Lalu ada juga senyawa zingiberene dan shogol yang berperan sebagai antioksidan dan dikenal sangat efektif dalam melawan penyakit kanker serta jantung.

Minyak atsiri juga merupakan senyawa lain dalam tanaman jahe yang memberikan nilai tambah yang luar biasa untuk jahe sebagai tanaman obat dalam dunia kesehatan kita. Senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeridan membasmi bakteri-bakteri merugikan yang ada dalam tubuh.

Demikianlah senyawa-senyawa bermanfaat yang terkandung dalam jahe. Berikutnya, marilah kita bahas manfaat-manfaat jahe bagi tubuh kita seperti yang ada di bawah ini.

1.Menurunkan berat badan

Alasan jahe dapat menurunkan berat badan salah satunya adalah karena jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah dan mempercepat pembakaran kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi dalam kenaikan berat badan Anda. Oleh sebab itulah, seduhan wedang jahe sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.

2. Mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes

Jika para dokter di berbagai rumah sakit mendapati pasiennya menderita penyakit diabetes, maka ia pasti akan sangat menganjurkan kepada pasiennya untuk mengonsumsi minuman jahe setiap pagi dengan rutin, karena jahe juga dikenal mampu mengontrol gula darah.

3. Menyehatkan jantung

Dengan cara  mengonsumsi jahe secara teratur, kita dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke, karena sebenarnya jahe yang dikonsumsi tersebut mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Jika kadar zat-zat tersebut menurun, maka akan berdampak sangat baik bagi jantung sebab tidak akan ada lagi lemak yang dapat mengganggu kinerja jantung.

4. Anti mabuk perjalanan

Salah satu khasiat jahe yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah manfaat jahe sebagai obat mabuk perjalanan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya obat-obat anti mabuk perjalanan yang berbahan dasar jahe. Namun, Anda bisa membuat sendiri obat tersebut dengan cara meracik jahe menjadi minuman hangat yang bisa ditambahkan madu atau gula sesuai selera. Dengan begitu, Anda pun dapat menghalau rasa mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

5. Mengurangi gejala radang sendi

Dalam jahe, sebenarnya terdapat suatu zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Jadi, jika kita mengonsumsi jahe secara teratur, kita dapat mengurangi risiko menderita berbagai gangguan pada sendi, seperti radang sendi (arthritis), rheumatoid atau osteoarthritis.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Beberapa masalah yang dialami oleh perut, seperti perut yang kram, sakit perut menjelang haid atau berbagai penyakit yang menyerang pencernaan lainnya bisa teratasi hanya dengan cara meminum air jahe. Jahe juga mampu membantu melancarkan proses pencernaan karena mengandung enzim pencernaan protease dan lipase, yang masing-masingnya berfungsi mencerna protein dan lemak.

7. Memperkuat daya tahan tubuh

Dengan mengonsumsi jahe setiap hari, kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tubuh dapat bertahan dari berbagai serangan penyakit. Dengan demikian, tubuh orang yang mengonsumsinya pun akan tetap sehat dan tidak mudah sakit.

8. Mengatasi rasa mual di pagi hari

Kadang-kadang ketika kita baru bangun tidur di pagi hari, kita akan merasakan mual-mual yang diakibatkan oleh masalah pencernaan. Nah, rasa mual yang kita alami tersebut ternyata bisa teratasi dengan mudah. Cukup hanya dengan mengonsumsi minuman jahe yang dapat menenangkan perut kita. Menurut para pakar kesehatan, hal ini terbukti ampuh pada 75% orang yang mengonsumsi jahe.

9. Melancarkan sirkulasi darah

Di dalam jahe juga terdapat kandungan semacam mineral yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Jika kita mengonsumsi mineral ini, tubuh kita pun akan lebih segar dan otak lebih mudah berkonsentrasi berkat sirkulasi darah yang optimal.

10. Mencegah kanker kolorektal

Menurut suatu penelitian yang dilakukan di suatu universitas di Amerika Serikat (AS), kita dapat mencegah kanker kolorektal (usus besar) hanya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang bersumber dari jahe.

11. Mengobati sakit kepala

Gangguan pada kepala yang umum seperti pusing-pusing atau sakit kepala sebelah (migrain) dapat teratasi dengan cara mengunyah jahe segar (mentah) selama kira-kira tiga puluh menit. Setelah itu, dijamin kepala Anda akan sadar dan segar kembali. Lapunzel Slim

12. Jahe sebagai anti virus

Jika Anda sedang menderita penyakit pilek atau flu yang disebabkan oleh virus-virus yang beterbangan di udara, Anda bisa menjadikan jahe sebagai solusi penyakit Anda tersebut dengan cara mengolahnya menjadi minuman jahe hangat.

13. Mengobati alergi

Sifat zat antihistamin yang berfungsi sebagai anti alergi banyak terdapat dalam tanaman jahe sehingga menjadikan jahe sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi.

14. Menghilangkan gatal pada tenggorokan

Jika tenggorokan kita mulai terasa gatal, pada akhirnya hal tersebut hampir dipastikan akan berujung pada batuk-batuk yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.  Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat yang bisa anda konsumsi sebanyak tiga kali sehari.

15. Obat mual dan masuk angin

Jahe juga berkhasiat sebagai obat untuk mengeluarkan angin dari tubuh, karena jahe mampu menghalangi kerja serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, seperti rasa mual akibat mabuk perjalanan. Dengan mengonsumsi jahe segar atau makanan yang diolah dari jahe, lambung akan terasa nyaman. Selain itu, kita juga dapat meringankan gejala kram perut dan membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

16. Menangkal radikal bebas

Jahe juga banyak mengandung antidioksidan yang dapat membantu menetralkan efek merusak yang diakibatkan oleh masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Nah, dengan ini, dapat dilihat betapa banyaknya manfaat jahe bagi tubuh kita. Jadi, marilah kita mengonsumsi jahe mulai sekarang secara rutin agar tubuh kita dapat terhindar dari berbagai penyakit.

khasiat jahe 02 - lapunzel slim