Fakta dan Manfaat Buah Tomat yang Luar Biasa

Buah Tomat adalah salah satu dari banyaknya buah yang umum dikonsumsi oleh kita. Buah Tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam bentuk olahan, ada yang diolah menjadi sayur, dibuat jus, salad, atau dimakan dengan mentah. Buah ajaib ini memiliki nama ilmiah Lycopersicum telah diteliti sejak dahulu mengandung unsur-unsur yang sangat baik untuk kesehatan.

Pada umumnya buah tomat dijumpai berbentuk bulat dengan rasa ada yang terasa manis dan bahkan asam, buah ini sangatlah bermanfaat luar biasa seperti dapat menghilangkan dahaga atau haus, sebagai anti-septik pada bagian usus, sebagai laksatif (pencahar ), membantu memperbaiki nafsu makan, merangsang kerja lambung untuk mengeluarkan enzim bermanfaat dan membantu meningkatkan kemampuan aliran zat empedu menuju usus.

Menurut sebuah penelitian yang di lakukan USA akhir-akhir ini, kaum pria yang rajin mengonsumsi minimal 10 porsi tomat dalam satu minggu membuat risiko akan terkena kanker prostat menurun tajam hingga 45%. Kemungkinan hal ini terjadi karena adanya bantuan zat karoten dan likopen di dalam tomat yang telah lama dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit tumor serta mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah di jantung.

buah tomat - gluta lapunzel

Yang pasti lebih mantap lagi ketika walaupun tomat dimasak tidak menghilangkan zat likopennya, justru lebih baik mengkonsumsi tomat setelah di lakukan proses pemasakan karena jumlah zat likopennya akan bertambah 10x lipat saat tomat telah menjadi pasta atau saus tomat, hal yang luar biasa kan?. Zat Likopen merupakan senyawa karotenoid yang dapat larut di dalam lemak tubuh, tapi likopen yang larut dalam lemak sulit untuk diserap oleh metabolisme tubuh. Oleh sebab itu sangat di sarankan untuk mengolah buah tomat menggunakan cara perebusan atau bisa juga dengan dikukus.

Manfaat Tomat Lainnya Untuk Kesehatan yaitu:

  1. Penyakit Wasir : Buah tomat yangg telah matang sempurna direbus menggunakan minyak kelapa kurang lebih 10 menit, kemudian disaring dengan kain. Oleskan pada wasir setelah olahan tomat tersebut telah mendingin.
  2. Darah Tinggi dan Mata Merah : Rajinlah mengkonsumsi buah tomat segar sebanyak 1 hingga 2 buah setiap pagi ketika perut masih kosong (sebelum sarapan)
  3. Memar akibat terjatuh atau terbentur : Jus tomat ditambah dengan air hasil perebusan jahe lalu ditim dan minumlah setelah jus tersebut telah dingin.
  4. Luka Terbakar : Irisan buah tomat segar atau dapat juga menggunakan daun tomat dihaluskan kemudian diletakkan ke luka tersebut.
  5. Radang pada usus buntu dan sakit liver : Minumlah secangkir jus tomat sebanyak 3x sehari dan tetap melakukan konsultasi rutin dengan dokter anda.
  6. Perawatan Jerawat : Buat 100ml jus tomat kemudian ditambah dengan 25ml alkohol yang berkadar 70% aduk hingga merata. Pakailah campuran tersebut untuk dioleskan ke bagian wajah anda yang berjerawat tersebut, lakukan sekitar 2 hingga 3x sehari. Bisa juga di buat jadi masker dengan cara jus buah tomat di campur dengan 1 sendok teh yogurt (gunakan yogurt yang tawar). Oleskan pada wajah selama 10 menit dan bilas wajah hingga bersih.
  7. Penyakit Demam : Khasiat tomat sebagai pereda demam telah di buktikan oleh pengobatan cina sejak dulu caranya dengan 3 buah tomat masak di buat jus lalu ditambah 1 sendok makan madu asli dan di minum 3x sehari. Sedangkan untuk penderita diabetes tidak perlu menambahkan madu.
  8. Radang pada gusi dan gusi berdarah: Rajinlah mengkonsumsi tomat masak secara langsung.
  9. Sakit Tenggorokan: Jus tomat di tambah air hangat dan dijadikan obat untuk kumur kumur. Tomat sebagai anti inflamasi dan juga menenangkan.
  10. Sariawan dan juga ulkus pada rongga mulut: 2 buah Tomat yang telah matang di potong dan di campurkan dengan masakan ikan lalu makan. Lakukanlah setiap hari hingga tampak membaik.
  11. Meningkatkan selera makan : Minumlah jus buah tomat 1 jam sebelum anda makan.
  12. Kadar glukosa dalam darah rendah : Minumlah jus tomat segar setiap hari.
  13. Pencegah Sakit kanker dan juga jantung : Makanlah tomat yang di masak dengan di rebus atau kukus.
  14. Kesehatan pada rambut : Gunakan jus tomat tanpa air lalu oles ke kulit kepala sampai pada ujung rambut dan diamkan selama 30menit. Hal ini bermanfaat sebagai pengimbang PH pada rambut, menghilang kan bau yang tidak sedap, menjadikan rambut berkilau, mencegah kerontokan. Lakukan sekali dalam 2 minggu ketika rambut anda rusak dan sekali dalam 2 bulan bila rambut anda telah sehat, jangan keseringan karena kandungan asam pada tomat dapat menyebabkan rambut anda menjadi ringan.